Menggunakan Firewall Atau Sertifikat SSL?

sertifikat ssl indonesia murah

Menggunakan Firewall Atau Sertifikat SSL?

Apakah Anda bingung bagaimana kategori keamanan yang dibagi pada penggunaan sertifikat SSL dengan firewall? Sebenarnya firewall dengan SSL sama tidak ya? Apakah tidak cukup hanya menggunakan sertifikat SSL saja, atau firewall saja?

Salah satu hal krusial yang paling diutamakan perusahaan besar adalah keamanan data. Banyak bentuk keamanan yang dibutuhkan untuk melindungi asset digital, karena sangat penting dalam keberlangsungan bisnis. Contohnya menggunakan firewall dan sertifikat SSL.

Peran Perlindungan Firewall

Firewall merupakan perangkat keamanan siber yang ditujukan untuk melindungi jaringan internet dengan cara memantau, mengontrol serta melakukan filter lalu lintas keluar masuknya data pada jaringan internet Anda.

Secara sederhana bahwa firewall menjadi banteng yang akan melakukan identifikasi lalu lintas data yang masuk maupun keluar, serta membentuk banyak lapisan pertahanan keamanan siber pada jaringan internet.

Akses yang sudah diatur untuk dicegah masuk ke dalam jaringan internet akan secara otomatis di filter oleh firewall dan di banned. Ini akan sangat membantu perangkat yang terhubung pada komputer baik itu server, komputer maupun lainnya.

Cara Kerja Firewall

Sebelum membicarakan cara kerja firewall, Anda perlu tahu terlebih dahulu cara data berjalan pada ruang internet atau sistem lalu lintas data pada internet. Konten ataupun data yang masuk merupakan fragmen data yang disatukan dari data yang sudah berjalan dalam paket data. Dari paket data akan berjalan menuju perangkat  baik itu server maupun router.

Firewall akan membedah informasi kunci yang terdapat dalam paket data sebelum akhirnya disampaikan pada jaringan. Firewall juga dapat dipasang pada area infrastruktur Anda, baik itu end point komputer, jaringan maupun cloud. Fungsinya tetaplah sama, memfilter lalu lintas data yang berpotensi berbahaya pada jaringan Anda.

Menggunakan Firewall atau Sertifikat SSL?

Jika sebelumnya tim SSL Indonesia menjelaskan tentang firewall yang berfungsi untuk melindungi lalu lintas jaringan Anda, berbeda dengan sertifikat SSL yang akan melindungi lalu lintas data situs website.

Lalu, yang mana yang lebih baik menggunakan firewall atau sertifikat SSL saja?

Alangkah lebih baik menggunakan keduanya. Mengapa? Sistem keamanan akan terjadi dua lapis. Jaringan akan terlindungi, situs website juga akan dilindungi dengan sistem kriptografi dan enkripsi.

Sistem tansmisi data browser ke firewall akan dilindungi menggunakan sertifikat SSL bawaan yang telah disediakan oleh provider firewall, lalu transmisi data dari webhost atau server ke firewall akan dilindungi menggunakan sertifikat SSL komersial yang sudah Anda beli di SSL Indonesia. Sistem ini akan mempengaruhi tingkat keamanan yang ekstra pada data Anda.

Inilah mengapa penting menggunakan firewall pada jaringan internet Anda, dan menggunakan sertifikat SSL pada situs website Anda. Anda dapat menjamin keamanan data, melalui filtering firewall, melakukan blocked, maupun banned situs yang tidak penting pada firewall.

Menggunakan SSL selain meningkatkan keamanan, juga akan meningkatkan kredibilitas perusahaan Anda pada public dan lebih terpercaya / trusted.

Share this post